Terdapat
tiga perubahan kunci yang bias mengantarkan strategi bisnis dan strategi pengelolaan
sumber daya manusia menuju masa depan perusahaan yang lebih baik yaitu:
- Terus melakukan capacity building
staff dan melaksanakan praktek reorientasi staff sehingga organisasi/
perusahaan menjadi lebih ramping, maka kesempatan tradisional untuk
mendapatkan promosi dalam tangga hirarki menjadi semakin berkurang.
- Perubahan pasar yang semakin
cepat mengandung arti bahwa organisasi/ perusahaan perlu memberikan
tanggapan yang semakin cepat untuk memanfaatkan kesempatan baru.
- Kesempatan bisnis akan muncul
dalam ruang lingkup geografis dan bidang produk dan jasa yang lebih luas.
Kegiatan pengumpulan informasi perlu diperluas lagi dan lebih tepat waktu.
Selain
hal tersebut di atas, masih terdapat Enam bidang yang berharga untuk
dipertimbangkan oleh organisasi/ perusahaan dalam usaha meraih tujuan untuk
menang melalui manusia dengan menggunakan Kaizen adalah sebagai berikut:
- Kebijaksanaan perekrutan dan seleksi yang melibatkan semua karyawan.
- Peresmian program yang melibatkan perusahaan, departemen, tim dan anggota secara individual.
- Program pendidikan dan pengembangan yang terus berlangsung sehingga memberikan dorongan kepada semua karyawan untuk memiliki berbagai dorongan serta membantu mereka untuk sepenuhnya mewujudkan potensi.
- Sistem penilaian yang mengembangkan manusia dan meningkatkan kerjasama di anatara mereka.
- Sistem penghargaan yang memotivasi dan tidak terpisah-pisah.
- Program tanpa henti untuk peningkatan yang terus-menerus (Kaizen) yang meningkatkan setiap bidang pekerjaan dan melibatkan semua orang.